NEWS
DETAILS
Jumat, 19 Mar 2021 20:29 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro

Pernah merasakan aat berkendara tiba-tiba terasa sepeda motor mengambang atau terapung di atas air?

Hal ini biasanya terjadi saat kondisi jalan yang basah disebabkan musim hujan. Kondisi ini berbahaya, karena bisa menyebabkan pengendara motor tergelincir dan jatuh.

Secara teknis peristiwa tadi disebut Aquaplaning. Yaitu kondisi di mana ban kendaraan melewati permukaan air namun dalam keadaan mengambang atau tidak sepenuhnya menyentuh tanah.

Oleh karena itu perlu kewaspadaan lebih saat berkendara terutama dalam kondisi hujan.

Hal yang cukup fatal bagi pengendara sepeda motor, saat terjadi aquplaning maka akan kehilangan kontrol kemudi yang berakibat terjadinya kecelakaan karena grip ban berkurang dan ban menjadi licin saat melakukan pengereman ataupun sedikit melakukan manuver.

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim memberikan tips bagaimana cara kita agar terhindar dari bahaya aquaplanning.

Pertama berkendaralah dengan kecepatan rendah saat terjadi hujan dan banyak genangan air di jalan. Kedua kurangi manuver mendadak saat berkendara karena rem mendadak dapat mengakibatkan sepeda motor terjatuh. Ketiga jaga jarak aman kendaraan.

Berhati-hati ketika hujan karena tingkat visibilitas atau pandangan kita akan menurun, dengan begitu dapat meminimalisir terjadinya pengereman mendadak ataupun manuver yang dapat membahayakan.

Pengecekan dan perawatan sepeda motor menjadi sesuatu yang wajib sebelum berkendara untuk memastikan bahwa motor siap dan aman digunakan untuk berkendara.

"Pengendara motor harus lebih berhati-hati lagi, apalagi saat melintas di sebuah genangan, tetap waspada dan jaga kondisi kesehatan." kata Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

RELATED
NEWS