NEWS
DETAILS
Rabu, 19 Feb 2020 19:24 - Surabaya Honda Community

Simpel namun penting, Itulah safety cek.

Safety cek merupakan sikap kepala yang menoleh ke belakang. Mata sampai melihat ke belakang, dengan menolehkan kepala ke sisi kanan maupun kiri.

Dari sini, mata mendapat informasi kondisi lalu lintas di belakang. Keputusan untuk menjalankan motor, sesaat setelah motor berhenti dan pindah jalur bisa dilakukan dengan aman.

“Tujuan safety check ini untuk memastikan kondisi di sekitar aman. Mencegah terjadinya kecelakaan saat akan berkendara dan saat pindah jalur. Meningkatkan rasa aman saat berkendara,” kata Hari Setiawan selaku Safety Riding Coordinator PT MPM distributor motor Honda Jatim dan NTT.

Melihat kondisi lalu lintas di belakang lewat spion saat akan menjalankan motor atau start dan berhenti baik dan wajib. Tapi spion memiliki keterbatasan dan area blind spot. Maka itu penting melakukan safety check agar aman.

Untuk memastikan kondisi lalu lintas kosong atau ada pemakai jalan yang bisa bahaya bila kita menjalankan maupun menghentikan motor atau pindah jalur. Karena tanpa melihat ke belakang, motor langsung di gas, pemakai jalan yang ada di belakang bisa kena imbasnya.

Pemakai jalan di belakang bisa terkejut dan menabrak. Kerugian terjadi.

Demikian juga safety cek sesaat setelah motor berhenti penting untuk memastikan posisi berhenti sudah aman. Tidak menggangu lalu lintas atau bisa tertabrak pemakai jalan dari belakang.

Lakukan safety check yang hanya beberapa detik demi Cari_aman di jalan.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK