NEWS
DETAILS
Sabtu, 08 Jan 2022 15:48 - Surabaya Honda Community

Halo Cak bro...pasti sering dengar istilah Sunmori.

Sunday Morning Ride atau yang lebih dikenal dengan istilah Sunmori adalah sebuah aktivitas touring jarak pendek yang bisa dilakukan sendiri ataupun bersama dengan teman komunitas.

Bagi para pecinta otomotif terutama motor pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sunmori.

Aktivitas touring yang menyenangkan ini dapat dilakukan sendiri ataupun bersama teman komunitas yang umumnya dilakukan pada hari Minggu.

Namun melakukan aktivitas sunmori juga dituntut melakukan sejumlah persiapan kecil agar kegiatan tersebut berjalan lancar. Jangan sampai agenda yang diadakan malah berujung celaka.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para biker agar sunmori berjalan lancar. Salah satunya adalah kesiapan mengenai keamanan berkendara. Karena apapun kondisinya, menjaga keselamatan diatas aspal adalah hal utama.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan sunmori ;

1. Tentukan Tujuan dan Jalan yang akan dilalui

Sunmori akan lebih josss jika kita lewat jalan yang lowong tanpa ada macet-macetan. Tujuan yang mantap harus didukung pula dengan kondisi perjalanan yang menyenangkan. Agar kesan saat mengadakan sunmori bersama komunitas punya cerita lebih dalam.

2. Siapkan Perlengkapan Riding

Persiapkan berbagai perlengkapan sunmori anda agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Meskipun kegiatan sunmori hanya dilakukan di dekat namun anda tetap perlu memperhatikan perlengkapan berkendara seperti helm berstandar SNI, jaket, sepatu, sarung tangan, hingga masker.

3.  Cek Kondisi Motor

Meskipun Anda sudah yakin motor dalam kondisi prima, namun pastikan kembali sebelum Anda berangkat. Periksa kondisi tekanan angin, rem depan dan belakang hingga surat-surat kelengkapan motor Anda.

4. Tentukan titik kumpul

Saat menggelar sunmori kita sebaiknya mencari area yang luas dan muat untuk parkir motor sebagai titik kumpul. Hindari parkir motor di pinggir jalan, karena akan mengganggu pengendara lain dan dapat membuat jalanan macet. Lalu atur jumlah peserta sunmori, hindari terlalu banyak yang dapat mengakibatkan kerumunan. Upayakan juga untuk selalu mengikuti protokol kesehatan.

5. Menjaga kondisi tubuh

Sebelum aktivitas sunmori, sebaiknya jaga kondisi tibuh tetap fit agar tidak mudah lelah saat perjalanan. Menjaga kondisi tubuh dapat dimulai dari menjaga pola makan, minum vitamin dan istirahat cukup.

6. Safety Riding

Safety riding adalah hal yang harus menjadi prioritas utama. Perlengkapan berkendara serta membawa kelengkapan surat menjadi hal utama sebelum gas pertama ditarik. Anda harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas saat konvoi dengan rombongan, dan jangan mendominasi jalan. Ingat jalan bukan milik Anda atau komunitas Anda.

Jangan lupa berdoa sebelum gas sunmori cak bro agar perjalanan aman dan menyenangkan.

RELATED
NEWS