NEWS
DETAILS
Jumat, 14 Jul 2023 10:02 - Surabaya Honda Community

Salah satu alat transportasi yang sering kita jumpai di jalan raya adalah sepeda motor.

Sebagai alat transportasi sepeda motor tidak hanya digunakan oleh para pria saja namun saat ini wanita juga banyak yang menggunakan kendaraan roda dua tersebut untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun tidak sedikit pemotor wanita yang masih mengabaikan keselamatan dirinya sendiri saat berkendara, selain dapat membahayakan diri sendiri juga dapat membahayakan pengguna jalan lain.

Untuk itu pengendara wanita wajib memahami adanya potensi bahaya, melatih, dan menguasai keterampilan berkendara di jalan raya. Nah, agar bisa beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish dalam berkendara, ada beberapa tips berkendara motor untuk pengendara wanita.

1. Konsentrasi saat berkendara

Menurunnya konsentrasi dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat, kelelahan dan lain sebagainya. Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain salah satunya tidak menggunakan ponsel ketika dan selama berkendara. 

2. Penggunaan Perlengkapan Berkendara

Para pengendara wanita wajib memperhatikan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Helm berfungsi untuk melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala. Sementara, jaket untuk menahan terpaan angin dan mengurangi gesekan saat terjatuh. Sarung tangan berguna membantu memberikan kenyaman pada bagian hand grip. Beberapa dari perempuan mengabaikan menggunakan perlengkapan berkendara/riding gear seperti helm dengan alasan kurang nyaman digunakan saat berkendara.

3. Membawa barang bawaan

Bawa barang seperlunya, karena jika membawa barang melebihi kapasitas motor maka akan berpengaruh pada konsentrasi saat berkendara sehingga bisa menimbulkan potensi bahaya lain (tersangkut benda asing yang ada dijalan/kendaraan lain sampai dengan tindakan kriminal).  Disarankan dapat menyimpan tas selama berkendara di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. 

4.Pemilihan penggunaan alas kaki

Saat berkendara Perlu diperhatikan, disarankan alangkah baiknya pengendara memakai flat shoes atau alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki. Penggunaan sandal yang memiliki heels atau hak tinggi dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara. Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor akan mengganggu keseimbangan tubuh saat membawa motor.

5.Penggunaan rok saat naik motor

Menggunakan rok ketika mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dimana dapat mempengaruhi batas gerak kaki pengendara ketika berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak. Dalam safety riding lebih disarankan pemotor wanita menggunakan celana panjang saat berkendara. Menggunakan celana saat naik sepeda motor dinilai akan lebih nyaman dan leluasa bergerak dalam mengendalikan sepeda motor.

“Jumlah pengendara perempuan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk itu, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang tepat sehingga bersama-sama dapat mewujudkan keselamatan dan kenyamanan di jalan raya bagi semua orang dan #Cari_Aman saat berkendara” kata  Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

RELATED
NEWS