NEWS
DETAILS
Senin, 30 Aug 2021 07:40 - Surabaya Honda Community

Helm merupakan salah satu syarat wajib untuk mengendarai sepeda motor..

Sebagai komponen penting dalam berkendara,  Helm tidak hanya berfungsi sebagai alat keselamatan tetapi sekarang juga sudah menjadi gaya atau style dalam berkendara.

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya jenis dan model helm yang beredar di pasaran. Banyaknya produsen helm yang memproduksi berbagai jenis dan tipe helm yang sangat modis membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan.

Perlengkapan berkendara yang merupakan pelindung kepala ini juga ada beberapa jenis dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Menurut Fendrik Alam, Instruktur safety riding MPM Honda Jatim "bagi pengendara motor gunakan helm yang standard, Sesuai dengan style agar helm yang dipakai tidak hanya aman tetapi juga keren, jadi safety and style, ".

Nah, dengan semakin banyaknya ragam helm yang beredar dipasaran maka masyarakat juga perlu tahu jenis-jenis helm.

1. Helm Full Face

Helm jenis ini merupakan salah satu helm yang paling aman digunakan. Sebab, helm ini benar-benar melindungi seluruh bagian kepala mulai dari bagian depan sampai dengan bagian kepala bagian belakang apabila terjadi kecelakaan. Dilihat bentuknya, helm ini memang dibuat lebih safety. Dari segi tampilan helm ini sangat cocok untuk para pengendara sepeda motor jarak jauh, karena sangat aman dan juga cukup nyaman dipakai di perjalanan jarak jauh. Biasanya helm full face ini dipakai oleh para pebalap motor dan juga bikers yang hobi melakukan perjalanan touring dengan jarak tempuh yang jauh. Namun, tidak ada salahnya digunakan di dalam kota, karena helm full face aman untuk meminimalisir risiko ketika mengalami kecelakaan.

2. Helm Open Face

Helm jenis ini juga termasuk helm yang aman, karena tetap dapat melindungi otak bagian belakang dan rahang dan juga banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor. Helm open face biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari saat mengendarai sepeda motor atau dalam mobilitas jarak yang pendek. Tidak disarankan menggunakan helm ini ketika berkendara jarak jauh, apalagi jika menggunakan sepeda motor dengan kapasitas cc yang besar.

3. Helm Off-Road

Sesuai namanya helm ini dikhususkan penggunaannya ketika akan masuk ke jalur off-road atau pengguna motorcross atau trail.     Helm jenis off-road memberikan proteksi lebih, bukan hanya sekadar untuk melindungi bagian kepala, tapi juga bagian dagu yang dimaksudkan untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan ekstrem di jalur off-road.

RELATED
NEWS